Jakarta- Senin 16 Mei 2022 diperingati sebagai Hari Raya Waisak yang merupakan hari besar yang dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia.

Hari Raya Waisak ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

Untuk Perayaan Hari Raya Waisak 2566 BE tahun 2022 akan berpusat di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa TengahTengah dengan tema “jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati”.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonus Benny Susetyo menjelaskan bahwa hari Waisak akan diperingati lebih dari 1.7 Juta penduduk Budha di Indonesia.

“Hari Waisak adalah hari libur di Indonesia yang diperingati sebagai hari kelahiran dan wafatnya sang Budha. Hari Waisak diperingati oleh 1.7 juta penduduk umat Budha di Indonesia dan bagi sebagian penduduk lainnya hari raya ini dijadikan sebagai hari libur dari aktivitas sekolah atau bekerja, ‘ ujar Benny.

Benny melanjutkan Waisak ini juga menjadu salah satu momentum untuk meningkatkan persatuan dan merawat kemajemukan.

“Perayaan ini merupakan momentum untuk meneguhkan semangat persaudaraan sejati dalam meneguhkan nilai nilai persatuan dan gotong royong mewujudkan kebersamaan dalam mewujudkan cita cita kemerdekaan yakni masyarakat adik dan makmur lewat jalan kebijaksanan yakni merawat nilai nilai kemajemukan dalam menjaga Nilai nilai keragaman, ” lanjut Benny.

Nilai-nilai Pancasila sejatinya dijelaskan oleh Benny harus bisa diaktualisasikan dalam bentuk semua prilaku dan tindak kehidupan.

“Jalan kebijakan dengan mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam tindakan ini lah warisan nilai – nilai luhur harus di rawat dalam perilaku pengambil kebijakan , pasar dan warga, “ujar Benny.

Benny menjelaskan bahwa Hari Raya Waisak ibu bisa menjadi momentum dalam memperkuat persatuan.

“Perayaan hari raya waisak momentum memperkokoh persauadaraan anak bangsa, ” tutup Benny.