Keberhasilan Polri dan Pemerintah dalam melakukan penanganan arus mudik Lebaran Idul Fitri pada tahun 2022 diapresiasi oleh jajaran Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

Hal itu disampaikan oleh Ahmad Latupono selaku Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan kepada awak media.

Ahmad menyampaikan rasa apresiasinya atas capaian yang di lakukan oleh pemerintah dan Polri dalam penanganan arus mudik Lebaran tahun 2022 ini. Ia menilai langkah pemerintah dan kepolisian sudah tepat dan terukur.

“kita sangat apresiasi langkah responsif yang diambil oleh pemerintah dan khususnya pihak kepolisian dalam menangani arus mudik lebaran tahun ini,” kata Ahmad pada Kamis, 12/5/22 dalam keterangannya di Jakarta.

Menurut pandangan Ahmad sendiri, langkah yang diambil Polri sudah tepat, dengan skema rekayasa lalu lintas yang dibuat, tentunya sangat membantu dalam mengurai kemacetan dan kepadatan, kebijakan ganjil genap, lawan arus (Contraflow) dan One Way (satu arah) yang membuat kepadatan jalan raya menjadi berkurang.

“Polri sudah tepat menerapkan skema Contraflow dan Wan Way, tentu itu membantu pengguna jalan dalam menghindari kepadatan dan kemacetan dalam berlalulintas di jalan”, sambung Ahmad.

Selain itu, Ahmad pun menyoroti langkah-langkah yang diterapkan oleh pemerintah dibawah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ahmad menilai suksesi agenda tahunan masyarakat Indonesia dalam menghadapi hari raya tersebut merupakan bagian dari keberhasilan pemerintah dalam upaya ketersediaannya infrastruktur yang memadai, sehingga arus mudik berjalan lancar tanpa ekses yang signifikan.

“kitapun patut mengaapresiasi kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah Joko Widodo, kebijakan beliau melalui perbaikan dan pengayaan infrastruktur yang memadai tentunya menjadi penunjang dalam keberhasilan dan keamanan arus mudik tahun ini”, kata Ahmad.