JAKARTA – Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) Agus Jabo Priyono mendukung peran Polri dalam penanganan pandemi covid-19 dan masa PPKM Darurat serta percepatan vaksinasi.

“Karena Polri memiliki struktur dan anggota sampai tingkatan desa atau kelurahan, akan sangat effektif jika diperbantukan bersama tenaga kesehatan dan institusi terkait, untuk mempercepat proses pendataan, sosialisasi, vaksinasi dan distribusi bantuan ke masyarakat,” tegas Agus Jabo, hari ini.

Selanjutnya, kata dia, dalam menghadapi situasi darurat ini Pemerintah harus fokus, terpimpin, solid, cepat dan tepat, dengan menggerakkan semua potensi dan sumber daya yang kita miliki, termasuk di dalamnya Polri, TNI ataupun institusi lainnya.

Dan soliditas akan menjadi faktor penentu untuk keluar dari situasi sulit akibat pandemi ini.

“Soliditas ini mencakup soliditas data, soliditas kesadaran, kesatuan gerak antar institusi negara, juga kesatuan pandangan dan gerak antara negara dengan masyarakat,” sebutnya.

Karena, kata dia, posisi Polri berada di tengah masyarakat, sangat tepat jika dalam situasi darurat ini Polri menjadi salah satu ujung tombak dalam menciptakan soliditas, membantu percepatan proses vaksinasi serta distribusi bantuan.

“Struktur organisasi birokrasi pemerintahan kita sampai tingkat paling bawah, yaitu RT – RW, belum lagi ditambah instrumen lainnya seperti Polri, sebetulnya jika kita effektif menggunakan jalur struktural tersebut, persoalan data, sosialisasi, vaksinasi dan distribusi bantuan akan semakin cepat dan tepat,” paparnyam

“Dengan kekuatan subyektif yang kita miliki seperti di atas, mestinya kita lebih siap dan lebih cepat keluar dari pandemi ini dibandingkan negara lain,” pungkasnya.

Temukan juga kami di Google News.