Jakarta – Berangkat dari musibah bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang sangat dahsyat di tahun 2015 yang berdampak bukan hanya bagi masyarakat di Riau, Sumatera, Kalimantan dan lain-lain. Tapi juga akibat kabut asap tersebut berdampak juga bagi negara tetangga, maka di tahun 2015 tepatnya 28 September 2015 lahirlah KEMAH Indonesia untuk merespon kebakaran hutan dan lahan di tahun itu.

Dalam rangka memperingati berdirinya KEMAH Indonesia yang ke 8 Tahun, Aktivis Lingkungan yang tergabung dalam KEMAH Indonesia (Komite Pemuda Menjaga Hutan Indonesia) menyelenggarakan kegiatan Acara Syukuran 8 Tahun berdirinya KEMAH Indonesia “Melangkah Bersama Jaga dan Lestarikan Hutan Indonesia ” yang dilaksanakan Kamis, (28/9/2023), bertempat di Resto Kampung Kecil Jatibening.

Acara peringatan yang sederhana tersebut dilakukan potong tumpeng, pemberian santunan kepada beberapa keluarga aktivis dan pejuang lingkungan yang telah meninggal dunia. Hal ini sebagai bentuk Kepedulian KEMAH Indonesia yang tidak akan melupakan jasa-jasa aktivis yang telah pergi mendahului.

Heru Purwoko, Kordinator KEMAH Indonesia ketika di temui media, menyatakan semoga di hari jadi yang ke 8 tahun ini, kedepannya KEMAH Indonesia bisa tetap konsisten dengan visi misi serta tujuan berdirinya.

“KEMAH Indonesia turut menjaga dan melestarikan Hutan Indonesia serta tetap eksis dengan berbagai kegiatannya yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.” tegasnya.

Heru Purwoko yang juga salah satu pendiri KEMAH Indonesia menilai bahwa Pemerintahan Jokowi melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dipimpin Siti Nurbaya Bakar dalam kurun waktu 10 tahun ini sudah melakukan langkah-langkah yang positif dalam menjaga, melestarikan hutan Indonesia dan memberikan manfaat besar bagi rakyat Indonesia.

“Apa yang sudah di lakukan Pemerintah sudah sepatutnya dikawal dan didukung penuh.” ujarnya.
Langkah penegakan hukum dan pengawasan di lapangan mengenai karhutla menjadi bukti keseriusan pemerintahan era Joko Widodo dalam upaya penanganan masalah karhutla di Indonesia.

“Yakni tatkala karhutla dari tahun ke tahun terus menurun secara signifikan.” ungkapnya.

“KEMAH Indonesia juga mendukung segala upaya tindakan nyata yang dilakukan pemerintah saat ini.” pungkasnya.

Temukan juga kami di Google News.