Jakarta – Polres Metro Jakarta Timur bersama Alumni Akpol 1997 Wira Pratama menggelar kegiatan operasi katarak gratis. Operasi katarak tersebut digelar untuk masyarakat umum.

“Sasarannya masyarakat umum. Yang akan melakukan operasi dari dokter-dokter senior dan mereka yang selalu melaksanakan kegiatan bakti sosial tidak hanya Jakarta tapi mencapai pelosok,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Leonardus Simarmata saat dihubungi, Sabtu (9/9/2023).

Leonardus mengatakan, target atau kuota operasi katarak sebanyak 200 orang. Namun demikian, antusiasme pendaftar mencapai 598 orang banyaknya. Tak hanya datang dari wilayah Jakarta, beberapa pendaftar datang dari luar daerah mulai dari Jawa Tengah hingga Bogor.

“Bagi nanti yang tidak terakomodir kita akan ikutkan pada kegiatan operasi katarak pada jadwal yang berikutnya yang pelaksanaan tetap di Jakarta,” ujarnya.

Pelaksanaan operasi katarak sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 16 September mendatang di RS Polri Sukanto mulai pukul 08.00 WIB. Hari ini, pihak kepolisian bersama stakeholder terkait melakukan screening atau pemeriksaan kesehatan bagi para peserta.

“Di mana terlebih dahulu di lobby lantai 2 Mapolres dilakukan pengecekan apakah pasien ini ada katarak apa tidak. Dan bagi yang dinyatakan katarak, kemudian dilanjutkan ke aula lantai 6 Mapolres untuk dilakukan screening dan visus lalu melalui segala proses pemeriksaan kesehatan. Dan apabila memenuhi syarat kemudian bisa mengikuti operasi minggu depan di RS Polri Sukanto,” jelasnya.

Leonardus menambahkan, para masyarakat yang akan mendaftar hanya perlu membawa KTP saja. Dia mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri untuk masyarakat.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan satu bentuk dukungan yang diberikan pada warga khususnya yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” pungkasnya.

Temukan juga kami di Google News.