Ketua Indonesia Police Watch , Sugeng Teguh Santoso menyampaikan apresiasinya kepada institusi Polri yang ikut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, salah satunya adalah dengan melakukan serbuan vaksinasi massal kepada masyarakat.

“Justru saya sangat mengpresiasi Polri dalam hal ini. Berhasilnya penurunan Covid ini berkat kerja TNI dan Polri terutama Polisi,” kata Sugeng kepada wartawan saat ditemui di kawasan Tangerang Selatan, Senin (6/9/2021).

Kerja keras Polri ini menurut Sugeng sudah sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dimana korps Bhayangkara ikut aktif dalam upaya vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia agar segera tercapainya herd immunity.

“Karena jelas sekali perintah Kapolri, bahwa semua satuan Kepolisian harus terlibat di dalam masyarakat dalam memassalkan vaksinasi. Ini dahsyat dan menurut saya perlu diapresiasi prestasi Kapolri,” ujarnya.

Kerjasama yang apik antara Polri dan TNI dalam menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 ini menurut Sugeng perlu diapresiasi dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia. Sehingga kerja keras yang saling bersinergi benar-benar bisa mencapai hasil yang diharapkan.

“Di semua desa-desa dengan kerjasama antara Polres dengan Kodim, kemudian di tingkat bawahnya ada Polsek dan Danramil, ini berjalan dengan baik, karena institusi Polri dan TNI ini instutusi yang sudah teruji yang namanya kedisiplinan,” terangnya.

Bagi Sugeng, tidak perlu ada yang didikotomikan antar kedua institusi tersebut. Karena tujuan mereka sebenarnya adalah sangat mulia, agar seluruh rakyat Indonesia bisa mendapatkan manfaat vaksin Covid-19, dan Indonesia segera terlepas dari status pandemi.

“Kita biarkan saja TNI Polri ini menjalankan fungsinya masing-masing, bahkan dalam tanda kutip berkompetisi sebanyak-banyaknya untuk melakukan pendaratan vaksin kepada masyarakat, (karena yang menikmati) keuntungan kan masyarakat. Ini namanya bekerja bersama mencapai prestasi masing-masing,” pungkasnya.