Jakarta – Seruan ajakan aksi ‘Jokowi End Game’ nampaknya kandas di tengah jalan. Bagaimana tidak, ajakan itu dilawan sejumlah netizen serta masyarakat cerdas dengan perang tagar dan narasi menentang ajakan aksi tersebut.

Salah satu tagar menentang aksi tersebut adalah #BongkarBiangRusuh. #BongkarBiangRusuh sempat bertahan cukup lama sebagai _top trending_. Senada dengan tagar itu, mari kita bongkar biang rusuh seruan aksi ngawur ‘Jokowi End Game’. Ini bukan sekadar cocokologi, tapi merupakan analisa kepentingan politik praktis para elit politikus busuk.

Pertama kelompok KAMI dan FPI, KAMI jelas-jelas melakukan penggalangan masa mengajak untuk menggelar aksi ‘Jokowi End Game’. KAMI dan FPI memiliki agenda jelas, mengganti dasar dan ideologi Negara Pancasila. Mereka tidak memikirkan nasib Indonesia, yang terpenting bagi mereka agenda mengganti dasar dan ideologi Negara Pancasila.

Sudah menjadi rahasia umum KAMI dan FPI diternak oleh si Biru yang sempat berkuasa, namun minim prestasi. Diternak dan diplihara, lalu diberikan corong untuk berteriak. Saat diperlukan, ‘hewan ternak atau pliharaan’ pasti siap melayani juragan politiknya.

Kelompok kedua adalah Orde Baru (Orba). Tak bisa dipungkir, keluarga yang berkuasa pada masa orba atau mereka yang merasa hutang budi pada penguasa orba, terusik aset serta kekayaannya di era Presiden Jokowi. Lihat saja berapa jumlah aset Keluarga Cendana yang diambil alih oleh Pemerintahan Jokowi. Bisa dibayangkan, dedam kesumat mereka kepada Jokowi. Ini menjadi landasan kuat menduga-duga orba di balik seruan aksi ‘Jokowi End Game’.

Ada lagi kelompok yang berharap terjadinya kekacauan di tanah air. Kelompok ini mendorong seruan aksi bisa ditangkap oleh kelompok oposisi Jokowi, dan berdampak pada aksi besar yang berujung ricuh. Setelah ricuh dan negara kacau, mereka datang serta mengambil alih negara.

Nah, di balik biang rusuh yang bermain, ada sekelompok masyarakat kurang cerdas yang tertipu. Isu ditabgkap, dan mereka ikut meramaikan ajakan sehingga memprovokasi masa untuk melakukan aksi. Sedih kalau sampai seruan aksi ‘Jokowi End Game’ tak dibuat kandas. Dampaknya bisa merugikan masyarakat, dan membawa Negeri ini ke kuburannya sendiri.

Lawan hasutan yang mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)! Jangan biarkan #biangrusuh mengacaukan kedamaian Negeri ini.