Jayapura – Ketua DPC Muhammadiyah Kab Jayapura, Dr. H. Tri Mulyadi menyatakan siap menjaga kedamaian di Tanah Papua memasuki Natal dan Tahun Baru 2021.

“Karena Papua ini beraneka ragam sehingga kita harus memakai prisip Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Tri Mulyadi yang menjabat sebagai Sekretaris MUI Kab Jayapura, hari ini.

Menurut Ketua BAZNAS Kab. Jayapura ini, dengan Bhinneka Tunggal Ika, situasi keamanan di bumi Cenderawasih dipastikan kondusif pada perayaan Natal nanti. Kata dia, Islam dipapua ini adalah rahmatanlilalamin / membawa kedamaian bagi seluruh alam.

“Kita Muhamadiyah itu menyebarkan agama secara langsung / tidak berdakwah. Mengedepankan pendidikan. Bisa dilihat contohnya Universitas Stikom di Tanah Hitam Abepura 90% Mahasiswanya orang Papua ini merupakan salah satu Sumbangsi Muhammadiyah di Papua,” jelasnya.

Masih kata dia, toleransi itu dikedepankan karena dizaman Rasulullah saja mereka menjamin orang yang bukan agama Islam. Ada yang namanya piagam Madinah, apabila orang Nasrani, Yahudi, Majusi, maka umat Islam juga tidak mengganggu dan memerangi golongan tersebut.

“Sebagai umat Nabi, masyarakat kita ini Plural dan tafsir-tafsirnya tidak bagus sehingga kita perlu silaturahmi / datangi agar paham,” pungkasnya.