Jakarta – Jelang akhir tahun tepatnya, di tengah pandemi Covid-19 serta momentum Hari Ibu di bulan Desember 2020, Barisan Emak- emak Bersatu mengingatkan seluruh emak- emak senusantara. Yakni, terkait pentingnya peran seorang ibu di tengah tengah keluarga dalam menangkal aliran atau ormas yang anarkisme, intoleran, radikalisme. Terutama pada anak.

“Menjaga Keutuhan ideologi bangsa harus melibatkan Peran Ibu rumah tangga (Emak-emak), Hal awal yang dapat ditempuh adalah dengan memberi perhatian penuh yang lebih kepada anak, kedekatan hubungan antara ibu dan anak merupakan penangkal utama bagi tumbuhnya bibit radikalisme di dalam keluarga,” kata Koordinator Nasional Barisan Emak- Emak Bersatu, Khanza Rabu (23/12/2020).

“Sebagai ibu rumah tangga, kita harus tahu seperti apa aktivitas anak-anak perilakunya lingkungannya termasuk tahu apa yang sedang dikerjakan,” lanjutnya.

Khanza menyampaikan, emak-emak dapat mengamputasi penyebaran bibit radikalisme melalui pembekalan wawasan dan nilai- nilai kebangsaan. Hal itu bisa didapat melalui sejumlah lembaga, komunitas atau ruang sosial yang dekat dengan ibu rumah tangga.
“Pilihlah lembaga, komunitas atau ruang sosial yang visi misi dan nilainya sejalan dengan nilai keluarga, nilai kebangsaan yang mengajarkan kebaikan dan toleransi,” tuturnya.

Khanza berharap emak- emak juga intens memantau dan memperhatikan aktifitas suami dengan cara pendekatan komunikasi, sharing didalam keluarga. Pasalnya kemitraan antara suami istri dalam pembagian peran dan pengambilan keputusan juga akan mempermudah dalam melakukan semua fungsi keluarga.

“Benteng utama penangkalan anarkisme, intoleran, paham radikalisme adalah peran emak- emak dalam keluarga. Karena itulah, peran Eemak- emak sangat strategis dalam edukasi dan literasi terhadap keluarga, suami khususnya anak-anak agar terhindar dari aliran atau ormas yang pake kekerasan, intoleran, paham radikalisme,” tutup dia.

Pada kesempatan ini Barisan Emak- emak Bersatu turut menyampaikan pernyataan sikap :

1. Mendukung Penuh TNI – Polri dalam menciptakan masyarakat yang aman, damai dan sejuk.

2. Dukung Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan sukseskan Program Vaksinasi covid19.

3. Mengajak seluruh emak- emak se Indonesia untuk terlibat aktif menjaga situasi yang aman dan kondusif dengan jaga dan lindungi anak, suami, keluarga dari ormas anarkis, radikal, serta bahaya provokasi hasutan demo ditengah ancaman covid19.

4. Mari merayakan Tahun Baru 2021 dirumah aja bersama