JAKARTA – Ratusan massa mengatasnamakan Pemuda Masyarakat Cinta Damai (PERMADANI) menggelar aksi damai di Bundaran Patung Kuda Indosat, Gambir Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020).

Menurut Koordinator aksi Miftahudin, momen hari Sumpah Pemuda yang ke-92 tahun 2020, pihaknya menghimbau kepada para pendemo saat menyampaikan aspirasinya mentaati hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Harusnya tetap menjaga, menghormati keamanan dan ketertiban umum serta menjaga keutuhan Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” ungkap Miftahudin.

Dia berpesan agar para pengunjuk rasa juga ikut membangun opini positif dan bisa menggelar aksi demonya secara damai dan tertib serta tidak berbuat anarkis, dengan tetap memperhatikan kesehatan, dan menerapkan protokol pencegahan Covid – 19.

“Kami menyayangkan jika massa aksi tidak ditaati aturan-aturan dalam berdemo sehingga berakhir rusuh,” ujarnya.

Pihaknya sepakat agar demonstrasi bisa digelar secara sehat tanpa adanya anarkis. Kata dia, perlu ada perbaikan sistem pelayanan masyarakat dan adanya kesadaran serta kontrol dari para demonstran.

“Juga ada saling pengertian dari pihak pengamanan polisi untuk aksi massa/demonstrasi yang ideal agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan bahkan menjadi korban,” tandasnya.