SOLO – Puluhan pengemudi becak di Kota Solo mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon (paslon) Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakoso (Gibran-Teguh) di dalam Pilkada atau Pilwalkot Solo, 9 Desember 2020 nanti. Deklarasi dukungan digelar Jumat (16/10) di kawasan Ngarsopuro, Kota Solo. Selain para pengemudi becak, acara deklarasi juga dihadiri sejumlah relawan Solo Hebat (Sobat) yang mengapresiasi langkah politik para pengemudi becak Kota Solo.

“Tidak ada pilihan lain. Kami jelas mendukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo nanti. Kami percaya, Gibran-Teguh bisa membawa Kita Solo lebih maju lagi,” tegas Sardi Ahmad, selaku Koordinator Gerakan Pengemudi Becak Kota Solo.

Sardi menambahkan, pengemudi becak Kota Solo berharap, jika menang dan terpilih nanti, paslon Gibran-Teguh tetap peduli wong cilik seperti yang ditunjukkan mereka selama ini. Terutama, seperti tampak dalam kampanye blusukan Gibran selama kurang lebih sebulan terakhir ini.

“Terus terang, kami jatuh cinta pada gaya blusukannya mas Gibran. Kota Solo ke depan butuh pemimpin seperti dia. Muda, lincah, dan sepertinya berpikiran maju gitu lho,” kata Sardi lagi.

Sementara, salah seorang Pengurus Relawan Solo Hebat (Sobat), Topan Tri Haryoko mengaku bangga dan bahagia bisa ikut terlibat dalam Deklarasi Gerakan Pengemudi Becak Kota Solo. Menurut Topan, deklarasi pengemudi becak ini menjadi bukti bahwa politik bukan hanya milik para elite. Justru bahkan, tegas Topan, politik mesti dimulai dari bawah seperti ini. Gerakan politik, dalam bentuk apa pun itu, mesti berpijak dan berawal dari hal-hal riil di kehidupan sehari-hari.

“Saya terharu dan sangat mengapresiasi. Dari deklarasi ini, saya banyak belajar tentang bagaimana sikap politik yang sederhana dan mendasar. Teman-teman pengemudi becak pasti jauh lebih akrab dan dekat dengan Kota Solo melalui kerja mereka sehari-hari. Dukungan mereka ke Gibran-Teguh sangat penting dan bernilai,” tandas politisi muda ini. (end)