Jakarta – Sekretaris Umum PP GMKI, David Sitorus sangat menyayangkan dan mengkritisi gerakan deklarasi yang di buat oleh Komite Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

David menilai bahwa seakan-akan hanya KAMI yang mampu melakukan melakukan penyelamatan negara ditengah kondisi darurat pandemi seperti ini.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) David Sitorus, menyikapi rencana Deklarasi Komite Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang banyak diisi oleh para mantan pejabat.

“Dalam situasi saat ini sudah sepatutnya untuk menyelamatkan bangsa Indonesia bukan cuma perjuangan kelompok tertentu ataupun yang dilakukan KAMI saja, dengan hanya ingin melakukan cara sendiri serta mencoba menggangu usaha-usaha yang sudah dilakukan pemerintah. Menyelamatkan bangsa Indonesia merupakan tanggungjawab bersama,” ujar David, di Jakarta, Minggu (16/08/2020).

Lanjut David, tokoh-tokoh yang terlibat dalam koalisi KAMI tersebut seharusnya bahu-membahu dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mencari solusi yang terbaik dan bersatu dengan cara memperkuat rasa persatuan dalam menghadapi Covid-19, bukan malah ingin menciptkan perjuangan sendiri.

Dalam melakukan penyelematan untuk keluar dari masa darurat ini bukanlah hanya dengan kata-kata ataupun deklarasi semata, melainkan dengan tindakan yang nyata dengan saling mendukung dan membantu.

“Kalau kita merasa sebangsa yang percaya dan yakin bahwa usaha kita menjadi bangsa yang maju dan beradab, tentu kita harus yakin dan percaya juga bahwa kritik kita kepada pemerintah pasti bermanfaat. Sikap bersungut-sungut seakan menularkan bahwa negara ini tidak ada harapan” tegas David.

Dia menghargai hak politik KAMI dalam menyampaikan aspirasinya, namun jika itu untuk tujuan politik kekuasaan, sebaiknya bersabar menunggu hingga 2024. “Secara konstitusi, tahun 2024 adalah cara yang tepat untuk berbicara mengenai merebut kekuasaan, bukan saat bangsa ini berjuang untuk mengatasi pandemi dan krisis ekonomi,” ujarnya.

Kondisi saat ini pernah dialami Indonesia saat memperjuangkan kemerdekaan. Demikian pula, sejarah membuktikan, negara yang penduduknya sering mengeluh dan bersungut-sungut malah akan menjadi negara yang gagal.
David Sitorus menambahkan dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus, untuk saat ini tidak ada lagi yang saling menyalahkan dalam kondisi seperti ini, marilah kita untuk saling bekerjasama dan melakukan perjuangan kebangsaan dalam mengahdapi situasi seperti ini.

Dengan berlandaskan kerjasama dengan konsep Pancasila dan UUD 1945, maka masalah yang dihadapi bangsa Indonesia bisa teratasi dan dalam mencapai hal tersebut dibutuhkan Proses untuk mencapainya.

David Sitorus sekali lagi menyampaikan tentang situasi saat ini dibutuhkan ketanggapan yang cepat dan tepat dari pemerintah dan segala elemen bangsa untuk mengatasi pandemi Covid-19 serta tidak melakukan penyelamtan dengan cara sendiri serta berpikir serius akibat dari setiap langkah kebijakan yang diambil, dengan begitu Indonesia merdeka dari Pandemi Covid-19.
Covid-19 telah mengakibatkan dampak yang luar biasa bagi Kesehatan, terkhususnya Perekonomian. Bahkan perekonomian di seluruh dunia terancam menghadapi jurangnya Resesi.