JAKARTA – Pengurus Besar HMI MPO meminta aparat keamanan untuk tidak hanya berhenti menangkap buronan koruptor kelas kakap. Pasalnya, buronan Djoko Tjandra di era SBY yang lama tidak tertangkap, kini sudah tertangkap dan masuk di sel tahanan.

“Usai Djoko Tjandra, pemerintah harus ringkus buronan koruptor lainnya. Pemerintah dan Polisi tunjukkan taringmu, tangkap buronan koruptor yang melenggang bebas di luar negeri,” tegas Ketua Umum HMI MPO Ahmad Latupono, hari ini.

“Yang terlibat dengan Djoko Tjandra juga perlu diusut. Dan uang hasil korupsi, kembalikan ke rakyat,” jelasnya.

Menurut dia, penangkapan Djoko Tjandra harus dijadikan momentum untuk melakukan terobosan yang selama ini di tunggu-tunggu oleh publik tanah air. Kata dia, banyak buronan kelas kakap yang masih menghirup udara segar di luar negeri.

“Lemahnya diplomasi dan koordinasi antar lembaga penegak hukum, atau mentalnya bobrok. Ini yang harus dicari tahu, jangan sampai cuma anget-anget saja,” ujarnya.

Dikatakannya, PR pemerintahan Jokowi masih banyak apalagi Indonesia yang bukan negara satu-satunya mengalami pandemi Covid-19. Perekonomian bergejolak, ditambah urusan Covid-19 yang tak kunjung menurun.

“Pemerintah harus punya gebrakan, untuk menuntaskan PR nya, jangan biarkan ekonomi nyungsep,” tandasnya.