Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara memberikan penghargaan tinggi atas semangat mahasiswa dalam menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Melalui sosialisasi secara virtual, organisasi mahasiswa mengajak seluruh generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan kepala daerah di wilayah masing-masing.

Dalam sosialisasi tersebut dimotori oleh BEM UB Tarakan, HMI Persiapan Cabang Tanjung Selor dan PMII Cabang Bulungan. Webinar kali ini langsung disaksikan Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami.

Surya, sapaan akrabnya menyatakan, pemilih kelompok pemuda sebagai garda majunya demokrasi di Pilkada 2020. Dengan demikian, dirinya mengajak pemilih pemula yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk berpartisipasi dan mensosialisasikan Pilkada di Kaltara nanti.

Selain itu, Surya juga mengajak para pemuda untuk terlibat sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang aktif dalam berdemokrasi.

“Sebagai pemilih pemula itu, tidak hanya datang ke TPS (tempat pemungutan suara). Tapi juga ikut dalam setiap (proses dan tahapan) Pilkada nanti. Kenali calon-calonnya, pahami apa yang menjadi programnya ketika kampanye. Kalau bisa juga, kaji apa yang menjadi program-programnya ketika kampanye. Ketika nanti terpilih, terus programnya tidak sesuai di saat kampanye, pemuda bisa mempertanyakan. Itu lah yang namanya demokrasi,” kata Surya saat ditemui Koran Kaltara setelah mengikuti Webinar bersama mahasiswa di Kaltara, Sabtu (18/7/2020).

Surya mengungkapkan, sosialisasi virtual yang digagas oleh mahasiwa dengan tema “Cerdas dan Ikut Berpartisipasi Menjadi Pemilih Muda dalam Pilkada Serentak 2020” itu sangat diapresiasi. Karena sosialisasi dengan mengajak untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada nanti memang akan intens dilakukan lantaran pandemi Covid-19 saat ini.

“Memang pandemi Covid-19 ini mengubah beberapa pola sosialisasi yang kita lakukan. Ada beberapa peraturan yang mengatur jika tidak diperbolehkan melakukan pertemuan yang melibatkan massa banyak. Generasi muda sekarang ini bisa dibilang generasi digital yang memang banyak bersentuhan dengan digital. Sehingga sosialisasi untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada banyak dilakukan secara virtual,” jelasnya.

Hadir dalam sosialisasi virtual secara Webinar itu diantaranya adalah, Ketua BEM UB Tarakan M. Nur Arisan, Ketua PMII Cabang Bulungan Didi Kadarismanto dan Ketua HMI Cabang persiapan Tanjung Selor Ryan Hendrata. Selain berlangsung secara online, sosialisasi itu juga dihadiri puluhan mahasiswa se-Kaltara.