Rimanews.id – Juru Bicara Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sonny Tulung mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil membuktikan kinerjanya terus-menerus dengan pembangunan tol terpanjang di Sumatera dan tol pertama di Kalimantan, namun apresiasinya kurang.

“Ini kalo hoaks bisa viral dimana-mana, tapi prestasi nyata kaya begini masyarakat nggak apresiasi,” kata Sonny, Sabtu (28/12/2019).

Perlu diketahui, bahwa Presiden Jokowi telah meresmikan jalan tol Trans-Sumatera yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka). Panjang tol ini diganjar penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memiliki panjang 189 kilometer dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan waktu pengerjaan tercepat yakni hanya 841 hari atau kurang lebih 23 bulan.

Jalan tol tersebut berguna untuk mengurangi waktu perjalanan, khususnya dalam mendistribusikan barang. Ruas Tol Pekanbaru-Dumai dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan logistik yang sebelumnya sekitar 4-5 jam menjadi 1,5 jam.

“Sumatera kan sudah jadi bagian dari Indonesia dari dulu, sebelum kemerdekaan, Pak Jokowi Presiden, baru Sumatera dibuatkan jalan tol. Beliau memikirkan rakyatnya terus, padahal sering jadi korban hoaks. Yang nyebarin hoaks harusnya malu,” tegas Sonny.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera dan mengharapkan tol ini dapat menjadi solusi terhadap permasalahan konektivitas antarwilayah, khususnya di Sumatera.

“Saya bersyukur akhirnya jalan tol ini bisa beroperasi. Saya harap bisa mengurangi kendala-kendala logistik, baik itu dari segi biaya maupun hambatan-hambatan lainnya,” ujar Presiden Jokowi pada acara peresmian.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, beberapa ruas tol Trans-Sumatera telah dioperasikan gratis. Pertama, ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 111,6 km seksi I Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km. Kedua, ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km. Ruas tol tersebut telah menjalani uji kelayakan.

Empat tol lainnya yang telah beroperasi gratis selama libur Natal dan Tahun Baru yaitu Tol Layang Jakarta-Cikampek, Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2-4, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Manado-Bitung seksi 1-2A. Hingga H-1 natal kemarin, Ruas Tol ini telah melayani 475 kendaraan.

Selain Tol Trans-Sumatera, minggu lalu Pak Jokowi juga meresmikan tol pertama yang beroperasi di Kalimantan yaitu jalan tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda yang akan mendukung Ibu Kota Negara baru bersama dengan rencana pembangunan tiga ruas jalan tol baru, yakni simpang Susun Samboja, kemudian Simpang Susun Karang Joang, dan akses Tol Trans Kalimantan Lintas Selatan. []